Widget HTML Atas

Reorientasi Pembaharuan Islam pdf Karya Budhy Munawar Rachman



Buku Reorientasi Pembaruan Islam; buku ini merupakan buku kajian filsafat yang cukup paradigmatik. konsep besar seperti Sekularisme, Liberalisme, dan Pluralisme sebagai narasi-narasi besar dalam kajian Filsafat digali lebih intens dalam buku ini, tiga narasi besar filsafat tersebut kemudain disandingkan dengan Islam. 

Islam dalam hal ini sebagai salah satu ajaran yang luhung, dan pandangan tokoh-tokoh Islam yang menganggap masih terdapat benang merah antara keislaman dengan tiga narasi besar tersebut.

Buku ini merupakan penggabungan dari 4 (empat) monograf sederhana yang dibuat untuk melihat perkembangan pemikiran Islam mutakhir di Indonesia-yang boleh dianggap sebagai agenda baru atau reorientasi pembaruan Islam. 

Kajian pertama berisi survey atas lembaga-lembaga Islam Progresif yang mewacanakan sekularisme, liberalisme, dan pluralisme. 

Bagian kedua mengurai argumen Islam untuk sekularisme, bagian ketiga, mengurai argumen Islam untuk liberalism dan bagian keempat mengurai argumen Islam untuk pluralisme.

Buku ini merupakan hasil dari penelitian dari bahan-bahan tertulis, pertemuan dan wawancara dengan tokoh-tokoh “Islam Progresif” dan tokoh lintas agama. 

Buku ini berisi penggalian atas argumen-argumen keislaman, sekularisme, liberalism, dan pluralism untuk memperkuat dan meneguhkan-secara teologis- pembelaan terhadap kebebasan beragama di Indonesia.

Buku Reorientasi Pembaruan Islam ini memotret tentang perkembangan pemikiran Islam dewasa kini yang sedang dalam masa pertumbuhan yang sangat pesat. 

Dari pemetaan pemikiran keislaman tentang sekularisme, liberalism dan pluralisme ini diharapkan membantu terciptanya masa depan kebebasan beragama di Indonesia yang lebih baik.