Widget HTML Atas

Pembaharuan Tanpa Apoligia? ~ Esai-esai tentang Ahmad Wahib




Ahmad Wahib adalah pembaharu dalam arti sebenarnya yang tidak mengenal apologia. Ia membeberkan sejumlah kesesatan berpikir yang kadung orang anggap benar. Metode berpikir bebas yang diterapkannya menjadi pendobrak kekakuan berpikir. 

Pergumulan kritisnya dengan Islam Indonesia menggiringnya ke arah pergulatan pemikiran yang rasional dan eksistensial mengenai Tuhan, agama, dan humanisme.

Buku ini merekam pergolakan pemikiran dan pengalaman berislam sejumlah intelektual muda yang diinspirasi corak pembaharuan Wahib. 

Mereka adalah lima finalis Sayembara Penulisan Esai Ahmad Wahib Award tahun 2010 dan dua pemenang sayembara sebelumnya. Buku ini dilengkapi pula oleh esai prolog dari Asfinawati dan dua epilog dari A.H. Johns dan M. Dawam Rahardjo.

Buku ini tentu saja bermanfaat terutama bagi mereka yang meminati hal-ihwal di sekitar pemikiran Islam dan pergulatan menjadi seorang muslim. 

Penerbitan buku ini diharapkan dapat berkontribusi dalam memberi rangsangan bagi munculnya dentuman baru pemikiran Islam.