Widget HTML Atas

Dunia Ketiga Dari – Dan Ke Mana? Negara Protektif versus Pasar Agresif ~ Wim F. Wertheim


Bab-bab yang masuk dalam penerbitan ini, sebagian besar ditulis selama tahun-tahun 1990-an, setelah Runtuhnya Tembok Berlin. Dua bab di antaranya telah, dalam bentuk yang agak berbeda, sudah diterbitkan sebelumnya. 

Bab IV, “The State and the Dialectics of Emancipation,” didasarkan pada teks sebuah makalah, yang disiapkan untuk sebuah Bengkel Kerja yang diselenggarakan di bulan Januari 1991 pada Institute of Social Studies di Den Haag. 

Sebuah koleksi dari makalah-makalah itu telah dimuat dalam Emancipations, Modern and Postmodern, disunting oleh Jan Nederveen Pieterse, Sage (London), 1992. 

Bab III, “Lasting Significance of the Mao-model for Third World,” didasarkan atas teks sebuah makalah, yang disiapkan untuk Seminar Internasional dalam Peringatan Se-abad Mao, yang dilangsungkan di Gelsenkirchen dalam bulan November 1993. 

Suatu koleksi dari makalah-makalah itu telah muncul dalam Essays in Commemoration of Mao’s Centennial: Mao Zedong Thought Lives, Jilid I, disunting oleh Jose Maria Sison dan Stefan Engel, Neuer Weg (Essen), 1995. 

Juga teks ini telah direvisi sepenuhnya untuk penerbitan ini. Bab VI, “Betting on the Elites or Betting on the Masses,” memuat bagian-bagian yang sebelumnya telah dimasukkan dalam Emancipation in Asia: Positive and Negative Lessons from China, CASP (Erasmus University Rotterdam), 1983