Widget HTML Atas

Buku Saku Filsafat Islam Karya Haidar Bagir





Buku ini terdiri dari 18 BAB. Pada awal bab dibahas mengenai apa itu filsafat. Kemudian pada bab selanjutnya dibahas mengenai untuk apa itu filsafat dengan kata lain apa manfaat dari adanya filsafat. 

Setidaknya dalam buku ini disebutkan tiga manfaat dari filsafat, yaitu: memajukan sikap kritis kita melihat sistem kehidupan yang ada sekarang ini, mendorong kaum muslim agar benar-benar memahami kompleksitas persoalan dalam upayanya membangun sistem-sistem kehidupan Islami, dan membuat Muslim berpartisipasi dalam upaya mencari sistem-sistem terbaik bagi kepentingan semua orang. 

Selain tiga manfaat itu filsafat juga bermanfaat terhadap kesuksesan bisnis hingga keimanan.

Selain filsafat secara umum dalam buku ini intinya membahas mengenai filsafat Islam. Lalu yang membedakan filsafat Islam dengan filsafat yang lainnya adalah pada cirinya.

Ciri filsafat Islam adalah bukan sepenuhnya muncul dari keragu-raguan. 

Dan ciri filsafat Islam dari pendekatan tradisional (ta’abbudi) dan teologis adalah pada metode yang digunakannya, dimana sekarang metode yang digunakannya dalah metode dialetik, Meski sama-sama rasional tetapi demonstrasional. 

Dalam buku ini juga dibahasa mengenai filsafat-filsafat lainnya seperti filsagat iluminasi, filsafat hikmah, filsafat wujud, dan filsafat politik.