Widget HTML Atas

Anti Duhring Karya Frederick Engels





Anti-Duhring adalah karya polemik Engels yang ditujukan kepada Dühring, seorang ideolog borjuis kecil Jerman. Buku ini berisi penjelasan yang komprehensif dari tiga bagian penting dalam Marxisme.

Anti-Duhring  terdiri dari pendahuluan dan tiga bab utama: "Filsafat”, "Ekonomi Politik”, dan "Sosialisme". 

Dalam pendahuluan, Engels membuat sketsa mengenai perkembangan filsafat dan menunjukkan bahwa kelahiran Marxisme merupakan keniscayaan sejarah. 

Dia memperlihatkan suksesi reguler dari periode penting sejarah filsafat dan memberikan kesimpulan bahwa gagasan materialis dalam bidang sejarah telah menciptakan dasar yang ilmiah dalam studi mengenai modus produksi kapitalis. 

Menurut Engels, berkat dua penemuan besar dari Marx konsepsi materialis mengenai sejarah dan teori ‘nilai lebih’ sosialisme ditransformasikan dari ide yang utopis menjadi pengetahuan yang ilmiah.

Pada bagian pertama, Engels mengupas problem penting dari materialisme dan dialektika, dan juga konsepsi materialis mengenai sejarah. Di bab lainnya, yakni bab 3, Engels mengupas mengenai kesadaran manusia. 

Kesadaran, tulis Engels, adalah produk dari otak manusia, sedangkan manusia itu sendiri adalah produk dari alam dan masyarakat. Dan pemikiran, lanjutnya, adalah refleksi dari pengalaman.

Anti-Duhring adalah puncak dari tiga dekade perkembangan Marxisme. Ide-ide dalam Anti-Duhring kemudian dikembangkan oleh Engels dalam Dialectics of Nature, The Origin of the Family, Private Property and the State, dan Ludwig Feuerbach and the End of Classical German Philosophy dan selanjutnya oleh Lenin dan Trotsky.