Widget HTML Atas

Ensiklopedi Cak Nur


Buku yang ada di tangan pembaca ini adalah hasil penyuntingan lebih dari 15 tahun kerja intelektual dan pengajaran Prof. Dr. Nurcholish Madjid di Pusat Studi Islam Paramadina. 

Selama masa yang panjang itu, sejak ber­diri­nya Yayasan Paramadina, sampai masa-masa menjelang reformasi, Cak Nur panggilan akrab beliau terus-menerus memberikan pada ma­ha­siswa-mahasiswanya di Paramadina, gagasan-gagasan keberagamaan yang segar, inspiratif, berwawasan universal, kosmopolit, dan penuh kedalaman spiritual bahkan kadang-kadang menantang berpikir ulang atas kepercayaan keagamaan tradisional selama ini.

Dalam proses belajar itu, terbentuklah apa yang kemudian disebut “Komunitas Paramadina” yaitu ribuan mahasiswa atau murid-murid Cak Nur yang secara intens terus-menerus mempelajari pemikiran Islam di Paramadina, selama bertahun-tahun hingga kini. 

Dalam proses pengajaran Cak Nur itu AlhamduliLâh sempat tersimpan rekaman ratusan jam perkuliahan Cak Nur, dan catatan-catatan (hand out), yang sayangnya tak­ terdokumentasi lagi tanggal pengajarannya itu.